Jumat, 19 Agustus 2011

Ya Allah, Aku Menikah...

Betapa banyak sekolah-sekolah tinggi ternama. Namun tak satu pun mengajarkan pelajaran kiat jitu persiapan-persiapan menikah, apalagi memberikan kisi-kisi cara mudah menikah. Maka tak heran jika sebuah pernikahan yang sebenarnya begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, terasa sangat awam bagi seseorang yang belum menjalaninya.
Suatu ketika seorang pemuda ditanyai oleh temannya yang sudah lama tidak berjumpa. “Apa kabarmu sekarang, lama tidak jumpa, sudah siap menikah?” Maklum, temannya itu telah lebih dahulu menikah. Setelah berpikir keras dan mengingat-ingat tentang pernikahan, akhirnya ia pun menjawab dengan malu. “Aku masih butuh waktu untuk mempersiapkan diri,” jawab pemuda itu.
Seiring berjalannya waktu, pemuda itu mulai rajin membaca buku-buku tentang pernikahan. Berkonsultasi kepada orang yang berpengalaman. Setelah saatnya tiba, ia kini merasa siap, dan menyampaikan pada orang tuanya tentang niatnya untuk menikah. Namun apa yang terjadi? Ternyata orang tuanya belum mengijinkan pemuda itu untuk menikah. “Mau kau beri makan apa istri dan anakmu, kerja saja belum pasti,” kata orang tuanya ketus. Akhirnya, pemuda itu pun menunda niatnya untuk menikah…
***
Sungguh pernikahan bukanlah perkara mudah. Sunnah Rasul yang satu ini senilai dengan separuh agama. Sungguh luar biasa bukan. Oleh karenanya, mempersiapkan pernikahan harus dilakukan secara matang. Mungkin kisah di atas tidak semua orang mengalaminya. Akan tetapi menikah itu bukan sim salabim. Dan dalam sekejap dan instan segera terlaksana.
Sampai di sini kita mulai bertanya-tanya, apakah pernikahan itu? Apakah sekadar memilih pasangan hidup yang tampan dan cantik? Apakah sekedar pelarian untuk memuaskan kebutuhan biologis? Apakah sekadar untuk mencari teman curhat permanen? Atau sekadar cobacoba? Semua itu bisa dijawab kalau kita memiliki sebuah visi yang jelas perihal pernikahan.
“Sebelum ke sana, pertama kita harus pahami menikah adalah menyambung silaturahim dua keluarga besar,” kata Ustadz Mohammad Sholeh Drehem. Menikah memang
bukan hanya bertemunya laki-laki dan perempuan. Menurut Ustadz Sholeh, sangat naif jika dalam pernikahan belum ada kesepakatan kedua belah pihak dalam artian keluarga besar. “Makanya harus ada musyawarah dahulu, libatkan semua pihak,” kata alumni Jurusan Ushul Fiqh Universitas Islam Madinah Arab Saudi ini.

Niat Baik pun Perlu Dikomunikasikan

Ketika seseorang telah siap untuk menikah, maka bicarakan dengan orang tua. Walau bagaimana pun orang tua adalah yang merawat dan membesarkan kita. Dalam hal ini, tidak semua orangtua begitu saja sependapat. Hal ini wajar, karena orang tua selalu memiliki pertimbangan dan standart tertentu. Maka tugas kita adalah memahamkan orangtua. Memberikan bukti nyata bahwa kita memang sudah siap untuk menikah.
Sebagai usatadz yang sering menjadi rujukan konsultasi keluarga, Ustadz Muhammad Sholeh Drehem menemui beraneka macam pengalaman tentang pernikahan, Ustad Sholeh menceritakan, beberapa kali menemui kasus terhambatnya pernikahan karena tidak lancarnya komunikasi. Menurut Ustadz Sholeh, pada dasarnya orangtua yang baik tidak akan memaksakan kehendak. Kalaupun itu terjadi, maka tugas seorang anak yang harus mewarnai orang tua. “Pahamkan pada orang tua tentang pemahaman Islam yang menyeluruh,” kata bapak empat putra ini. Jadi, komunikasi yang dimaksud bukan hanya ketika mau menikah, namun komunikasi yang lancar sejak jauh sebelum waktu ingin menikah. “Orangtua adalah ladang dakwah yang luar biasa, maka kewajiban seorang anak ketika mulai mengenal nilai-nilai Islam sudah harus mendakwahkan pada orang tuanya,” ujar pengasuh di berbagai kajian ini..
Proses komunikasi tentang niatan untuk menikah memang tidak dapat sama antara yang satu dengan yang lain. Usaha itu butuh waktu. Tidak bisa sehari ya satu bulan, tidak bisa satu bulan yang mungkin beberapa bulan. “Butuh perbaikan diri memang. Dan tunjukkan pada orang tua niat baik kita. Tidak ada yang instan dalam hal menikah,” kata Ketua Ikatan Dai Indonesia Jawa Timur ini.
Ustadz Sholeh mewanti-wanti, jangan sampai menikah tanpa mendapat restu dari orangtua. Betapa sakitnya orang tua, yang melahirkan dan membesarkan, kemudian saat anak sudah dewasa dan mandiri tidak melibatkan orang tua dalam proses pernikahan. “Ini mengkhianati orang tua, menzalimi orang tua,” tegas suami Ustadzah Maryam ini.
Persiapan Ilmu Tentang Pernikahan Banyak orang yang bingung ketika menghadapi pernikahan. Ada yang sibuk mempersiapkan pernakpernik pernikahan dan pesta pernikahan, tetapi lupa mempersiapkan ilmu, mental dan spiritual dalam menjalaninya. Meskipun setiap orang tahu bahwa pernikahan adalah ibadah, menggenapkan setengah agama, tetapi karena kesibukan persiapan perlengkapan nikah dan pestanya sering membuat nuansa ibadah dalam pernikahan tersebut terlupakan.
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan menjelang pernikahan, yaitu persiapan ilmu tentang pernikahan, persiapan mental/psikologis dalam menghadapi pernikahan, persiapan ruhiyyah menjelang pernikahan serta persiapan fisik sebelum menikah.
Hal yang perlu dipersiapkan adalah memperjelas visi pernikahan. Untuk apa kita menikah. Visi yang jelas dan juga sama antara calon suami dan isteri insya Allah akan melanggengkan pernikahan. Banyak orang yang menikah hanya karena cinta, atau mengikuti tradisi masyarakat. Bisa juga karena malu karena sudah cukup umur tetapi masih belum juga menuju pelaminan. Alasan-alasan seperti ini tidak memiliki akar yang jelas. Bisa juga menjadi sangat rapuh ketika memasuki bahtera rumah tangga, dan akhirnya hancur ketika badai rumah tangga datang menerjang.
Sebagai muslim yang memiliki rujukan hidup yang jelas, tentu kita tahu bahwa menikah itu karena ibadah. Visi pernikahan dalam Islam adalah menimba banyak pahala melalui aktivitas berumah tangga. Menjauhkan diri dan keluarga dari api neraka, dan akhirnya berusaha meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Bila seseorang memiki
visi seperti ini insya Allah hari-hari yang dilaluinya setelah menikah akan berusaha dihadapi sesuai dengan hukumhukum Islam.
Ilmu yang lain yang harus diketahui adalah tentang hukum-hukum pernikahan. Seperti tentang rukun nikah, yaitu mempelai pria dan wanita, dua orang saksi, wali dari pihak perempuan dan ijab kabul. Bila sudah terpenuhi semuanya, insya Allah pernikahan menjadi sah secara agama.
Lalu kewajiban memberi mahar sesuai yang diminta oleh pihak wanita. Lalu masalah walimatul ursy (pesta pernikahan). Tradisi-tradisi daerah bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Bahkan sebisa mungkin dihindari tradisi yang bertentangan dengan aqidah Islam. Lalu juga mempermudah semua proses pernikahan adalah lebih utama. Juga menyederhanakan pesta pernikahan, tidak bermewah-mewah lebih baik dalam pandangan Islam.

Persiapan Mental

Pernikahan adalah kehidupan baru yang sangat jauh berbeda dari masa-masa sebelumnya. Dalam pernikahan berkumpul dua pribadi yang berbeda yang berasal dari keluarga yang memiliki kebiasaan yang berbeda. Didalamnya terbuka semua sifat-sifat asli masing-masing. Mempersiapkan diri untuk berlapang dada menghadapi segala kekurangan pasangan adalah hal yang mutlak diperlukan. Begitu juga cara-cara mengkomunikasikan pikiran dan perasan kita dengan baik kepada pasangan juga perlu diperhatikan, agar emosi negatif tidak mewarnai rumah tangga kita.
Di dalam pernikahan juga diperlukan rasa tanggung jawab untuk untuk memenuhi hak dan kewajiban masing-masing. Sehingga setiap anggota keluarga tidak hanya menuntut hak-haknya saja, tetapi berusaha untuk lebih dulu memenuhi kewajibannya.
Pernikahan merupakan perwujudan dari tim kehidupan kita untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu kerja sama, saling mendukung dalam segala hal sangat diperlukan. Termasuk dalam pendidikan anak. Pernikahan juga merupakan sarana untuk terus menerus belajar tentang kehidupan. Ketika memasuki dunia perkawinan seseorang belajar untuk menjadi bagian dari tim kehidupan. Ketika memiliki anak seseorang belajar untuk mendidik anak dengan cara yang baik. Tidak jarang juga orang tua perlu memaksa diri untuk merubah kebiasaan-kebiasaan buruknya agar tidak ditiru oleh anak. Ketika anak-anak menjelang dewasa orang tua belajar untuk menjadikan anak-anaknya sebagai teman, sebagai bagian dari tim kehidupan yang aktif menggerakkan roda kehidupan, dan seterusnya.

Seri Tausiah ...
http://ayozakat.org/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=37&Itemid=72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar