Selasa, 06 September 2011

“Kisah Sepotong Kebab” - kebaikan yang mengalir jauh ...

Oleh: Abu Muhammad
 

Jarum jam menunjukkan hampir pukul 23.00, menjelang tengah malam.
Aku masih berupa lembaran roti tipis ketika Ustadz Aa menghentikan sepeda motornya tepat di sebrang SMP I bekasi, kira-kira 100 meter utara Radio Dakta 107 FM, tepatnya di warung Kebab Arroyan. Sebelah kiri jalan kalau dari arah proyek. Disitulah tempatku sekarang berada.
“Assalamu’alaikum wr wb.” ucap Ust Aa
“Wa’alaikumussalam wr wb. habis ngisi dimana tadz?” jawab dan tanya Wahyudin, pemilikku, dengan suara yang lembut, sebenarnya dia orang jawa yang sudah cukup lama tinggal di Bekasi tapi logat jawanya masih tetap setia melekat di setiap pembicaraannya.
“Dari Tambun, ngisi di teman-teman Tambun.” Kudengar ust Aa menjawab “Is kemana?” Is adalah kependekan Iswahyudi, pemilikku yang lain.
“Ada tadz, lagi nganter pesanan.”
“Kelihatannya rame juga nih.”
“Alhamdulillah tadz, ini baru mulai agak longgar, dibikinken ya tadz?”
“Boleh, makan disini satu yang besar ya, maklum tadi belum makan, sama tolong bikinin 2 lagi untuk dibawa pulang.”
“Baik tadz, silakan duduk dulu, mau minum apa tadz?”
“Teh botol, eh teh kita ada ngga? biar agak banyakan isinya.”
“Assalamu’alaikum” Iswahyudi datang langsung menghampiri Ust Aa
“Habis ngisi dimana tadz?” lanjutnya
“Biasa, di Tambun, cuma tadi belum ketemu nasi, jadi mampir deh.”
“Mau makan Nasi tadz? nanti saya cariin.”
“Ngga usah Is, ana mau makan kebab nih, maklum udah lama ngga mampir.”
Wahyudin datang menyuguhkan teh kita yang dipesan. Iswahyudi melanjutkan pekerjaan Wahyudin mengiris temanku daging kebab,
“Keluarga sehat2 Is, Din?” kudengar ust aa bertanya
“Alhamdulillah tadz” serentak keduanya menjawab. “Ummi, baik tadz?”
“Alhamdulillah baek.”  Kudengar ganti Ust Aa mengucap hamdalah
Teman diatasku diambil, kenapa bukan aku yang diambil ya ? biar aku dimakan ust aa. Ah tapi habis ini tentu aku yang akan diambil dan dibuat kebab, tak apa aku akan dimakan oleh ummi, istri ust aa, atau oleh anak2nya. Kataku menghibur diri.
Tak lama kemudian kulihat Is menghidangkan teman diatasku tadi yang telah berubah menjadi kebab di piring datar. “Temen-teman ada yang datang Is?”
“Kemarin Iyang sama Uki ke sini tadz.”
Kerena sudah tidak ada yang datang membeli, Is dan Din menemani Ust Aa,
“Is, Din, ana pengen ngundang temen-temen nih yang 21 orang dan semua yang terlibat dengan ke 21 orang ini.”
Semuanya terbayang dengan semua teman2 yang pernah mondok sama2 di pondok Bulak Kapal. Kenangan indah.
“Oh bagus tadz ana ndukung, dimana tadz?”
“Ana mau ngundang di rumah, tapi khawatir nti ga pada datang karena kejauhan, kalau ga keberatan, gimana kalau disini?”
“Boleh tadz, kami setuju, silakan ust undang siapapun nti kami yang nyediain semuanya”
“Sebentar tadz ana bikin kebabnya.” Kulihat is menghampiriku, mengiris2 temanku sidaging, dengan irisan yang tipis2. diangkatnya aku dari dempetan teman2ku, karena aku berlapis2 dengan teman2ku, maklum akukan roti tipis untuk kebab. Kemudian dihamparkannya aku, diatasku diberi sayuran sawi, bawang bombay, baru irisan daging, dikucuri diatasnya dengan mayonise, saos dan saos sambal. Baru kemudian digulungnya aku sebelum akhirnya digoreng atau dipanggang.
Akhirnya aku siap untuk dibungkus dengan kertas tipis, namun cukup kuat. Dimasukkannya aku kedalam tas kresek bersama temanku, jadilah aku berdua temanku.
“Tiga sama teh botol satu, jadi berapa ? 29 ribu ya ?” ku dengar ust aa berkata
“ngga usah tadz, bawa aja” kudengar Iswahyudi menjawab
“jangan begitu is ini jualan, ayo diterima “ kata ust aa memaksa.
“terima kasih tadz, kalau ini ust bayar, berapa saya harus bayar setiap ngaji sama ust.? Sudah bertahun2 saya dapat ilmu dari ust, ngga pernah bayar.” Is tetap menolak
Ketika ust aa hendak memberikan uangnya kepada wahyudin, wahyudin bersikap sama seperti is.
“Tapi sekarang aja ya, lain waktu mau dibayar ya . . “ kata ust aa
“Uang ust jg masih di kita, belum bisa mbayar utang . . “ jawab Is
“Ya udah potong utang . . “ Kata ust aa lagi
“Ngga ust udah bawa aja, salam sama ummi ya . . “ kata is “salam Ust” timpal wahyudin
“Jazakumullah khairan katsiran, semoga Allah balas dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda” kata ust aa “Assalamu’alaikum  . . . “
Dibawa aku dicantelan barang dibawah stang, ust aa menjalankan sepeda motornya. Tapi belum begitu jauh, ketika baru saja melewati jembatan di jalan baru Teluk buyung, sepeda motor ust aa kempes, mungkin terkena paku, kulihat dari balik tas kresek ust aa menuntun sepeda motornya, menjelang lampu merah didapatinya tukang tambal ban. Alhamdulillah, tukangnya belum tidur.
Setelah diperiksa
“Perlu ganti ban luar ni pak” kata tukang tambal ban”bannya sudah tipis”
“Iya bang terima kasih” jawab ust aa”duitnya kepake buat yang lain”.
Kulihat ust aa menuju bangku, untuk duduk disitu, baru saja pantatnya nempel dengan bangku, datang seorang nenek2 bersama 2 orang anak perempuan yang masih kecil kecil kira2 kelas 2  -  5 SD.
“Pak haji aye mak odah orang biasa manggil aye mak telor, kite keabisan bekel pak haji, mau pulang kekebalen ga ada duit kepake buat sarapan tadi pagi, mana cucu2 aye belum makan dari siang, Cuma sarapan ntu aja ama minum terus. Kalo bisa tolongin kite pak haji.”
Mak Odah seakan nyerocos dengan ceritanya yang tanpa henti, ust aa mendengarkan dengan setia
“Insya Allah, nti saya anter pulang ya mak?” kata ust aa ”rumah saya deket2 situ juga kok, tapi tunggu nambelnya selesai dulu ya mak” seraya bangkit dari duduknya, ust aa menghampiri sepeda motornya. Diraihnya kresek tempat aku berada, diambilnya temanku. Dan kulihat temanku diserahkan kepada  mak telor. Ini untuk ganjel perut cucu emak, “Cuma mungkin agak pedes mak”
“Terima kasih pak Haji” kata mak Telor  “nggak apa mereka biasa makan sama sambel doang kok pak haji”
“Apa mak?” kata cucunya yang agak besar
“Ini dikasih pak haji, sana dimakan bareng Tini” kata emak
“Ayo mak kita makan bertiga” kata anak tersebut.
Aku masih bisa mendengarkan percakapan mereka dengan jelas. Akupun masih bisa melihat mereka dari balik kresekku bagaimana mereka bersama-sama makan temanku si kebab. Kudengar pembicaraan mereka bertiga sambil makan.
“Alhamdulillah mak enak banget ya”
“Iya kak, ini makanan terenak dalam hidup kita ya kak”
“Iya dek, kita ngga pernah makanan enak kaya gini, mahal kali ya mak ?”
“Iya kali” kata emak “emak juga ga tahu berape harganye”
“Wah padahal kalo kita makan sama nasi, bisa abis sebakul ni mak nasinya”
“Alhamdulillah . . makanya kite kudu bersyukur cu, Allah ntu ndenger do’a kita
“Iya ya mak, tapi keliatannya Allah nguji kita dulu ya Mak . . .”
“Semua idup emang ujian cu . . “
Dalam sekejap makanan nikmat tadi habis tanpa sisa.
“Pak haji baik ya Mak?”
“Iye, tapi Allah lebih baik, Allah yang ngabulin do’a kite lewat pak haji. Kite doain biar pak haji diberi balesan kebaikan ame Allah”
Emak benar Allah lebih baik karena memang Allah Maha Baik. Ada yang aku tahu tapi emak tidak tahu, Allah juga yang melunakkan hati Is dan Din pemilikku sebelum ust aa. Doa ust aa juga dikabulkan Allah, resa nikmat kebab temanku, sedikit ganjel perut untuk Emak dan kedua cucunya, kebaikan Is dan Din, semua bawa keberkahan. Semoga saja semua ikhlas . . . Eh giliranku kapan untuk memberikan kebaikan dan keberkahan dari diriku ? dua kali aku ngiri, semoga saja aku mendapat giliran untu bermanfaat lebih banyak . . . amin.
“Ini cucu2 emak ?”tanya ust aa ketika mereka sudah naik berada diatas sepeda motor, yang kecil sidepan yang besar ditengah dan emak paling belakang.
“Ini yang kecil siapa namanya ?”
“Tini pak Haji, kakak saya Tina namanya”
“Iya . . mana anak2  Yatim pak haji. Bapaknye anak emak udah meninggal, ibunye mantu emak  jadi tkw keluar negri, ini tina ame tini ikut emak deh”.
“Yah yang sabar ya Mak” kata ust aa “ Insya Allah, Allah tetap akan menurunkan rejeki Nya asal kita mau usaha, emak usahanya apa mak ?”
“Mijet . . . emak biasa keliling di perumahan.”
“Lha ini dari mana mak kok pulang malem ?”
“Ntu tadi siang diajak rombongan kebogor katanya ada pembagian sembako, bazar murah, hiburan, tau tuh macem2. ga taunye disuruh nyanyi haleluya-haleluya, roh kudus, tuhan yesus tau apaan, lha kita orang islam Cuma ada Tuhan Allah. Mending kite pulang, e pulang ongkos abis sampe bulan2, kaga cukup koasi2 pade naek, katenye gara2 bbm naek”
Dari gantungan aku mendengar pembicaraan mereka, tapi ketika lewat digerbang perumahan Taman Wisma Asri ust  aa menghentikan motornya tepat didepan tukang nasi goreng.
“Tina Tini nasi goreng doyan kan ?
“Doyan pak haji, itu kesenengan Tini tu pak Haji”
“Tolong bikinin tiga bungkus bang”
“Pedes ngga Pak?” tanya tukang nasi goreng
“Sedeng aje bang” Tini lebih dulu menjawab.
“Dibungkus aje ye bang”
“Baik pak”
Aku merasa, kayaknya aku adalah makanan terakhir yang akan disentuh, pasti nasi goreng duluan yang masuk kedalam perut, bukan aku . . . tak terasa akhirnya sampai juga kerumah mak telor. Kulihat ust aa menurunkan Tini, emak dan tina bisa turun sendiri.
“Masuk dulu pak haji” kata nenek2 bergelar mak telor, “nengok gubuk emak”
“Terima kasih mak,” ust aa mengantar sampai pintu gubuk, yang memang gubuk sudah reyot, biliknya bolong bolong.” Bungkusanku dan bungkusan nasi goreng diserahkan kepada Tina dan Tini,
“Kebab bisa buat sarapan besok mak, dia tahan lama kok”
“Waduh terima kasih banyak pak haji, udah nganter, ngasih makanan, semoga Allah bales”
“Amien, semoga Allah  juga membalas berlipat ganda buat orang2 yang telah melewatkannya melalui tangan saya”
“Maksudnye ape pak haji?”
“Mak semua itu juga bukan punya saya, saya juga dapet dikasih, sama H,Heru, pak Manto, pak Joni, Iswahyudi, Wahyudin dan banyak lagi” jelas ust aa
“Oh pak haji juga banyak yang ngasih ya . . . ?”
“Iya mak . . . “
Tina dan Tini bergantian mencium tangan ust aa,
“Terima kasih pak haji, kami maem dulu ya. . . pak Haji mau makan bareng ? “Tidak terima kasih, pak haji sudah ngantuk nih . . pak haji pamit pulang ya . .“
kata ust aa
Tina Tini masuk dan membawa aku dan nasi goreng, membuka nasi goreng dan makan tanpa menunggu emak. Ust aa pamit pada Emak. Emak nimbrung cucunya, makan nasi goreng bersama.
Tinggal aku dan sebungkus nasi goreng diatas meja, ditutup tudung saji yang sudah belel.
“Kamu kebab ya ?” tanya nasi goreng kepadaku
”Iya . . . hai nasi goreng apa betul omongan ust aa tadi, kalau kamu asalnya dari uang pemberian orang2?”
“Emang . . .”
“Subhanallah . . . padahal mereka yang memberi, tidak tahu betapa berkah uang mereka. Semoga keberkahan buat semua . . . “ kata kebab
“Amin . . .” nasi goreng mengaminkan
Malam makin larut, udara mulai dingin, Tina Tini pun merebahkan tubuhnya diatas tiker yang juga tak kalah lusuhnya dari tudung sajiku. Alhamdulillah akupun akan memberi kebahagian kepada mereka besok pagi . . .  karena samar2 aku mendengar Tina dibisiki oleh adiknya
“Besok kita makan enak lagi . . . apatuh kak namanya ?”
“Kebab. . . “ jawab kakaknya,
catatan Jiem2:
cp Ar-Royyan Kebab: JieM2 (08568410108) . Iswahyudi (081385819757)
http://jiem2.wordpress.com/kisah-sepotong-kebab/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar